Seleksi vs Ujian

by - January 19, 2014

nah seperti judul, karna mau dibabar secara utuh, jadi kita bagi jadi 2. dan tujuan buat posting ini bersifat open. mau dipercaya boleh dan tidak dipercaya boleh, namun saya telah nyantumin sumber darimana saya ngutip atau yang mana yang merupakan pendapat pribadi.



Seleksi /se·lek·si/ /seléksi/ n 1 pemilihan (untuk mendapatkan yg terbaik); penyaringan; 2 metode dan prosedur yg dipakai oleh bagian personalia (kantor pemerintah, perusahaan, dsb) waktu memilih orang untuk mengisi lowongan pekerjaan; (http://kbbi.web.id/seleksi, 2014)


kalo kata orang sih seleksi, ujian, apalah beda nya, setelah dibabarin hasil dari KBBI keliatan deh hasilnya. dimana kasarnya, sebuah seleksi itu merupakan penyaringan dengan suatu metode atau dan prosedur untuk mendapat kan yang terbaik. sekali lagi untuk mendapatkan yang terbaik.

nah, karna kelas 3 akan menghadapi seleksi, terutama SNMPTN dan SBMPTN (kalo masih ga berubah namanya). seperti yang saya bilang. menuntut yang terbaik. jadi kalo anda tidak terpilih, percayalah, atau anggaplah, memang kita kurang lebih baik dari yang lain dan bukan berarti kita kurang baik.

karna untuk menyaring atau mendapatkan yang terbaik, maka tentu, sekali lagi tentu, butuh standarisasi dalam beberapa hal. tentu dalam hal yang diseleksikan. pasti mempunyai taraf yang lebih tinggi umumnya daripada ujian biasa. jadi jangan kaget kalo menemukan fakta bahwa soal pada seleksi lebih sulit dari biasanya.

itu dia yang perlu dicatat. banyak hal yang akan kita hadapi di depan, apalagi jenis tes seleksi. bagi yang kelas 3,
jangan panik, jangan heboh, tenang, hadapi.
se frustasi apapun, se depresi apapun,
pasang mimpi kalian 5cm depan mata kalian (5cm, 2013)




Ujian /uji·an/ n 1 hasil menguji; hasil memeriksa; (http://kbbi.web.id/uji, 2014)

nah berbeda dengan seleksi, ujian mempunyai hal tertentu. bersifat mengevaluasi. menurut saya sejauh ini gitu. jadi karna mengevaluasi, umumnya soalnya bersifat totalitas dan sebatas teori. maksudnya, jika kalian ujian biologi, maka tentu yang akan keluar soal yang sudah dibabarkan sama guru atau sudah pernah dibabarkan oleh buku.
lain halnya dengan seleksi, bisa saja, atau sekali lagi saya tekan kan, bisa aja soalnya hal yang bahkan belum pernah terpikirkan sebelumnya. alias out of the box, dan hampir belum pernah dibahas.

seperti kita tau bahwa umbai cacing sampe sekarang ga mempunyai fungsi atau belum ditemukan fungsi nya dalam sistem eskresi (atau metabolisme saya lupa), namun bisa saja pertanyaan nya kalo anda menemukan fungsi umbai cacing, apakah kemungkinan fungsi dari umbai cacing itu? dan apa kelemahan dari hipotesa yang anda ujikan.

jelas lah perbedaan nya ujian dengan seleksi. kemudian saya bahas tentang hal yang akan dihadapi kelas 3 total menurut saya pribadi. jika ada hal yang salah pada post pendapat saya dibawah, berarti kita berbeda opini dan saya minta maaf kaan hal itu.



SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

apa hayo snmptn itu? udah pada ga asing kan, well di definisikan lagi deh menurut web asli nya. tapi apa yang perlu saya bahas disini ya,
5 faktor yang mempengaruhi diterima atau tidak nya menurut saya

1. akreditasi sekolah
2. kualitas kakak kelas yang berada di ptn tsb
3. fluktualitas nilai
4. sertifikat
5. kuasa Tuhan

Akre sekolah, ah kalo ini gaperlu dipertanyakan lagi. tentu 90 nya akre A beda dengan 90 nya akre C. karna tentu untuk 90 dengan fasilitas ga lengkap terutama, akan beda dengan 90 yang fasilitas lengkap sehingga ujian nya juga bakal lengkap diujikan. dan dilihat juga prestasi sekolah tersebut, pernah ngapain aja sih sekolah itu, punya nama untuk di jual apa tidak, apa siswa nya bermutu atau tidak, dan lain hal.

Kualitas kakak kelas, nah ini juga sering diliat, jadi diliat kakak kelas yang biasanya masuk via undangan. nah apakah nilai 90 di rapot mereka itu bener bener 90 real bukan hasil manipulasi atau tidak. bagaimana ptn ngeliatnya? diliat dari hasil kerja keras nya selama smt 1 dan 2. kalo ga punya kakak kelas di ptn tsb gimana? nah kalo pertanyaan ini saya belum nemu jawaban versi saya nya

fluktualitas nilai, nilai lo ga mutlak harus naik terus agar diterima. nilai lo ga mutlak harus diatas 90. untuk yang bagian ini saya masih ga tau harus bahas apa, karna jujur nilai saya juga terjun payung hampir 13 poin. dan saya Alhamdulillah masuk. jadi masih ada faktor mistis disini, tapi tentu akan lebih baik jika nilai nya naik terus tanpa turun dan naik start nya dari 80an

kemudian sertifikat, nah kalo bisa sih sertifikat akademis, biasanya membantu untuk dipertimbangkan. kalo saya sih dulu modal sertifikat eskul tingkat prov ama essay inggris juara 3. entah ngaruh apa engga, tapi biasanya tentu akan lebih berpengaruh kalo sertifikat nya berkaitan dengan akademis kalo jurusan yang dituju juga memang akademis bukan seni dll.

yang terakhir adalah kuasa Tuhan. percaya apa engga, bagi saya dan temen temen privat saya, undangan itu cuma bagaikan hadiah aja. kita lebih fokus ke sbmptn. karna, bagi kita, undangan tidak lain hanyalah proses pemilihan nilai dari 3tahun kondisi kehidupan kita. dan bagi saya sendiri, keterima sbm lebih keren daripada keterima undangan, mengapa? lu bakal ngerti nanti pas kuliah walaupun ga ada bedanya, namun lu punya rasa tersendiri. banyak orang yang justru peringkat 20 malah dapet undangan dan ngalahin peringkat 3 yang malah ga dapet undangan. who knows? sekali lagi undangan adalah rejeki. gausah terlalu berharap dan tetap fokus ke sbm. setelah submit aplikasi undangan, langsung tutup dan fokus sbm. karna sbm lah medan perang sesungguhnya. banyak doa sama Tuhan. minta dipilihkan yang terbaik.

Karna Tuhan selalu tau apa yang terbaik untuk kita.


SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

nah, kalo yang ada disini, saya ga mau komen banyak deh ahhahahaha. so far, saya ikut intensif di bimbel, susah abis soalnya. dan sekali lagi, saya ga mau ngasih tau gimana, tapi tips saya saat to untuk nempuh nilai 800an/56%an (nilai maksimal saya to) itu bermodal kan tpa. maksud saya, tpa itu 75 soal, nah saya pas to itu kebiasaan ngembat tpa. biasanya ngerjain 73. dari 73biasanya bener 60an, nah sisanya -13. ah ga rugi kan kalo cuma -13? makin sering latian biasanya nilai min akan ngurang. rekor tpa saya tertinggi itu 270an kalo gasalah. itu udah mentok gabisa ditambah

move ke bahasa, nah kalo bahasa, saya nyerah deh, apalagi bahasa sendiri. itu option kayanya sama semua huahahaha. pasti saya langsung move ke soal yang ngebandingin 2 teks, ama nanyain salah benar nya option berdasarkan teks. inilah yang saya lakuin biar ga - di bahasa. biasanya saya mentok cuma bisa yakin 3 soal, move inggris. nah disini, karna saya bahasa sendiri jelek, saya sangat maksimal kan di inggris, biasanya tembus 10an pas to. namun biasanya salah 3 dari 10. namun kan setidak nya bisa nutupin nilai bahasa Indonesia kan :p oh iya, biasanya bahasa Indonesia ama inggris ini saya kerjain 20menitan. dan saya kerjain di akhiran.

move ke tes selanjutnya dari hari 1, ya itu tes kemampuan dasar, ada matdas sama bahasa. nah matdas ini guys bagi saya juga adalah ladang poin. kenapa, karna saya tau bahwa diri saya lemah di bahasa dan biologi. bukan lemah lagi, tapi lemah banget. jadi dari matdas ini, dari 15 saya selalu targetin 15 sih he he he. dan faktanya biasanya pas to saya dapet 13-14an. tak pernah saya nyentuh angka 15 dengan bener semua. paling mentok 14 bener semua.

tips hari pertama, tpa banyakin latian, terus hati hati. dan sesuaikan kekuatan otak dengan pola ngerjain, maksudnya, kalo otak lo verbal nya bagus ya embat verbal duluan, biar apa? biar kalo masuk tipe soal tpa lain nya lu ga mubeng, biasanya saya ngerjain tpa saya loncat ke soal itungan, terus masuk soal deret, terus masuk ke verbal, dan soal analisa pasti saya taro di paling akhir haha. saya analisis kalo di taro di awal takut bikin stres

setelah itu, untuk bahasa sudah jelas tadi, kalo untuk matdas, banyakin latihan, biasanya dengan banyakin latian lu bisa tembus 8soal bener di matdas. terus kenapa saya bisa dapet 14, kalo itu sisanya 7 soal tergantung. biasanya, saya masukin jawaban ke soal, INI YANG SERING DILUPAIN. soal sbm itu buat di isi bro, bukan buat di kerjain, ngapain lu mikir ampe butek buat ngerjain, soal sbm cuma buat diisi dengan benar, nah kalo lu uda ngerti apa yang saya maksud dengan masukin jawaban ke soal, seharus nya lu bisa tembus 12 an soal dari 15. nah 2 soal nya lagi gimana? saya make metode gambling. -2 ga masalah bagi saya saat saya udah yakin 12 soal yang saya kerjain pasti bener. tapi gambling disini harus cerdik. bagaimana cara gambling yang cerdik? nah kalian belajar sendiri ya, semakin banyak latian soal, kalian bakal ngerti gimana gambling cerdik itu seharusnya. percayalah, usaha keras tak akan pernah khianati. 

lets move ke hari 2, hari 2 itu ada kemampuan ipa. hari 2 itu mat ipa fis kim bio, kalo ga salah sih waktu nya 1jam 30menit apa ya? hoho lupa. biasanya saya dapet soal langsung ngerjain biologi, karna bagi saya , biologi adalah soal yang ga make analisa. jadi dapet soal, kerjain, kalo gabisa ya lewat. jujur saya ga perna maksa gambling di bio, karna susah abis haha. saya biasanya dari 15 cuma ngisi bio sekitar 4soal an

move ke mat ipa, mat ipa saya kejar target 13an. seperti matdas pada umumnya cara ngerjain nya, harusnya lo survive diatas 10 soal kalo lo ngikutin tips saya, oh iya sekedar saran lo cari buku 1001 soal matdas kek apa kek, yang taun 2007. nah itu buku bagus abis. pernah ada guru privat saya bilang kalo lu hatam in itu buku lu pasti masuk itb, dan Alhamdulillah so far, murid bimbingan beliau yang nurut masuk itb semua kecuali aing. aing masuk via undangan hoho. jadi mat ipa gitu.

move ke fis. nah fis juga sama, cuma saya fokusin ke itungan dulu. nah biasanya pada ceroboh dan gampang terjebak, hati hati untuk jenis soal sebab akibat. karna pada teori fisika banyak yang menjebak, kaya saat gerak parabola, bola pada ketinggian tertinggi kecepatan bola 0? tentu salah, karna pada h max, tetep ada komponen vx yang tetap bekerja. jadi hati hati dan jangan tersugestikan untuk langsung seenak jidat jawab. biasanya saya cuma dapet 8soalan, pernah to maksimal saya 12 soal bener

move ke kimia, nah ini juga he he he sekali, karna dari awal saya selalu dispen dan disibukan, entah kenapa sering banget dispen pas pel kimia dan saya sendiri jadi males belajar kimia. ya inilah salah satu kelemahan saya, jadi saya biasanya ga ngerjain kalo soalnya soal apalan. biasanya langsung saya skip soal sebab akibat dan fokus soal stokiometri. karna cuma disitu saya bisa ngerjain. belajar juga soal soal taun lalu. biasanya soal sbm itu jenis materi nya sama, cuma kasus nya yang berbeda. maksimal saya dapet 9soal bener

selesai.
ini merupakan TO. atau Try Out. dan saya murni ngerjain sendiri. perlu di inget, yang namanya TO jangan nyontek bro! itu buat ngukur kemampuan lu, karna pas sbm ga mungkin lu nyontek kan.
beberapa rangkuman nya

tpa 73/75
matdas 14/15
bahasa 13/30

mat ipa 13/15
fis 12/15
kim 9/15
bio 3/15

nah dengan grafik ini seharus nya lu tembus 800 an. percayalah bro, ini merupakan nilai yang bisa lu tempuh asalkan dengan serius dan motivasi kuat. nanti di kesempatan selanjutnya saya share pola belajar saya.

ah ya tambahan, cara ngebuletin lj juga ada tips nya, banyak yang uda ngerjain tpa ampe 70an malah ga sempet ngebuletin di lj nya, kalo hari pertama biasanya saya pake prinsip borongan per halaman. jadi kalo halaman 1 udah semua, baru saya buletin ke lj.

kalo untuk hari ke 2, saya pake prinsip borongan per mapel. dengan gini jadi aman. dan lebih efektif. jangan pernah make prinsip selesai ngerjain buletin atau selesai ngerjain semua soal baru buletin, ini panitia sbm bro, bukan panitia uas yang bakal nungguin lu selesai ngebuletin. biasain dapet soal langsung isi identitas diri dan kode soal dll. cross check 4x. percayalah, banyak temen saya yg pinter dan gagal karna hal sepele.

sbmptn itu merupakan medan perang bro, bukan cuma otak atau intelejensi aja, percayalah, perang mental juga ada disini. jangan sampe ceroboh. statistik membuktikan hampir 30 persen org ga lolos karna kecerobohan seperti lupa nulis nama kode soal dan lain hal. ini yang galucu abis, atau ada yg nulis nomer peserta nya bimbel, ini sbm bro bukan lagi to bimbel. hati hati ya.

Usaha keras tak akan mengkhianati. terus maju, ingat, senyum orang tua adalah kado terindah dari sukses nya lo. setidaknya itu bagi saya.


Ujian Mandiri (UM)

nah kalo um, itu kan ujian mandiri, dari namanya UJIAN. definisi ujian bisa diliat lagi diatas. nah itu seharus nya seperti itu, permasalahan nya adalah, evaluasi tiap ptn/pts itu berbeda beda cara nya. ada yang memang mengevaluasi total (bisa dibilang soalnya susah) atau memang hanya evaluasi pemahaman.

ambil contoh, saya pernah um di suatu univ di daerah jawa, dan itu soalnya lebih mudah dibandingkan UN. padahal univ yg bersangkutan terkenal di daerah jawa. walaupun demikian, tetap persaingan ketat. semakin mudah soal semakin banyak yang bisa jawab dan semakin ketat persaingan nya
kalo kata Raisa sih serba salah. soal susah gabisa ngerjain soal gampang gabisa ngerjain.

jadi apa yang harus dilakukan saat UM? cukup usaha usaha usaha doa serah kan sama yang diatas. biasakan ambil semua kesempatan, kesampingkan perasaan takut makan quota orang lain dan lain hal. kalian harus sukses, namun ingat, gaboleh egois. kalo udah dapet, gausah ngambil um lagi tentunya. karna nantinya saya jamin ada sebab akibat yang berlaku disini. saran saya ya itu aja. untuk selebih nya kalian bakal ngerasain sendiri. seperti simak, utul, selma dan lain hal.
menurut saya sih dari soal katanya kalo angkatan saya kemaren, KATANYA YA, itu urutan kesusahan nya dari simak utul terus ke selma.

oh ya, so far walaupun saya masuk lewat undangan, cerita nya, saya ikut um juga. memang saya akui saya egois disini, kasarnya makan kuwota orang lah dan lain hal, namun, percayalah, saya ga akan ngelakuin hal itu tanpa sebab, dan tentu sebab nya bukan karna ingin terkenal  haha. lebih ke tuntutan orang tua.

semua tulisan yang ada disini merupakan opini saya. sekali lagi OPINI, lu boleh aja percaya ama tulisan saya atau bahkan ga percaya ama tulisan saya. tapi inilah apa yang saya alami dan saya lakukan saat kelas 3. gutlak, semoga sukses :)


"Tulislah semua mimpi mu dalam secarik kertas, namun pada akhirnya, biarlah ALLAH yang berperan menjadi penghapus. Sesungguhnya ALLAH Maha Tau apa yang terbaik untukmu"

You May Also Like

0 comments