Posisi Mahasiswa masa kini?

by - April 30, 2014

Assalamualaikum.
Tema kali ini adalah Posisi Mahasiswa masa KINI
Kita mulai dengan definisi Mahasiswa,

Mahasiswa /ma·ha·sis·wa/ n orang yg belajar di perguruan tinggi; (KBBI, 2014)


Sungguh singkat sekali definisi nya. Orang yang belajar di perguruan tinggi, mungkin dengan jawaban di Perguruan Tinggi lah posisi mahasiswa dapat menjawab pertanyaan ini. Namun, sayangnya itu tidak cukup menjawab dilema yang ada pada masa kini.


Dalam sebuah waktu kosong, saya membaca sebuah buku yang berisi pepatah yang sangat baik dan merenungi nya.


What is the purpose of Life?


Ya, memang sedikit keluar topik, tapi apa tujuan hidup? Sabtu lalu, saya masih merasa 1hari tidak cukup untuk menemukan jawaban yang memang tepat untuk menjawab ini.

Apakah kita hidup hanya untuk bersenang senang?

Atau meraih cita cita? Demi hobi? Orang tua? Harta? Akhirat?

Semuanya masih mengambang, tak mampu menjawab pertanyaan yang ada di benak saya. Hampir 19 tahun saya hidup, namun tak mempunyai tujuan hidup yang jelas. Padahal saya sudah pada jenjang Mahasiswa.  Pada malam hari nya, saya menemukan sebuah jawaban yang sangat menarik.


What is the purpose of Life?


"Hidup itu seni menjadi. Menjadi hamba Tuhan, sekaligus menjadi penguasa alam. Kita awal mulanya makhluk rohani, yang kemudian diberi jasad fisik oleh Tuhan dengan tugas menghamba kepada Dia dan menjadi Khalifah untuk kebaikan alam semesta. Kalau kedua peran ini bisa kita jalankan, aku yakin manusia dalam puncak bahagia. Berbakti dan bermanfaat. Hamba tapi Khalifah" (Rantau 1 Muara, 2013)


Setelah di cermati. Apakah memang kita hidup di dunia demi hal hal duniawi saja? TIDAK, tentu itu jawaban nya

Apakah kita hidup hanya untuk hal hal di akhirat nanti? TIDAK.
maka jelaslah, bahwa Manusia sebagai hamba Tuhan SEKALIGUS menjadi penguasa alam. Penguasa alam yang bertujuan untuk kebaikan alam semesta. Ketika kita dapat melaksanakan kedua hal ini, maka tegas lah, manusia pada puncak nya sebagai hamba dan khalifah.

Inilah posisi Mahasiswa yang harus ada pada masa kini, Mahasiswa masa kini, hanya memfokuskan diri, memposisikan dirinya bak orang ketiga di sebuah panggung negara sandiwara. Bukan inilah yang kita harapkan, Mahasiswa perlu sadar. Memposisikan diri nya sebagai Khalifah sekaligus Hamba Tuhan adalah mutlak bagi nya. Ketika sadar hal ini, Maka InsyaAllah Mahasiswa dapat berperan aktif dalam pergerakan di Negara nya.


"Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaat bagi orang lain." (HR. Ath-Thabarani dan Ad-Daruquthni dan dihasankan oleh Asy-Syaikh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ No. 3289)


Kita memang mempunyai hak sebagai individu untuk memposisikan diri kita semau kita. Namun, apapun itu posisi nya, harus lah dipertegas. Bahwa apa yang kita lakukan di dunia ini, adalah kita sebagai Hamba Tuhan dan juga Khalifah di muka bumi. Lantas apa yang perlu dilakukan? Semua nya kembali pada pribadi masing masing.


Bagi saya, posisi Mahasiswa adalah sebagai Hamba Tuhan dan juga Khalifah dimuka bumi. Mereka punya hak untuk memilih menjadi tokoh orang ke- berapa kah dalam panggung hidup ini. Namun tentu, Manusia mulia adalah manusia yang bermanfaat bagi sesama. Dan menjadi orang kesatu InsyaAllah lebih bermanfaat.


Satu hal lagi, ketika kita bingung akan apa siapa mengapa kapan dan bagaimana posisi kita sebenarnya. Ingat. bahwa kita adalah Makhluk Tuhan yang Maha Esa. Setelah urusan Duniawi selesai, kita akan kembali padaNya. Mari bersama wujudkan role Mahasiswa sebagai Iron Stock, Moral Force, dan juga Agent of Change.

You May Also Like

2 comments

  1. Khoirunnas Anfa'uhum Linnas
    خير النّاس أنفعهم للنّاس
    “Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaat bagi orang lain.”
    (HR. Ath-Thabarani dan Ad-Daruquthni dan dihasankan oleh Asy-Syaikh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ No. 3289)

    Ayo semangat juga belajar agamanya :D

    bicara tentang tujuan hidup , mas punya tulisan yang bisa mencerahkanmu, silakan dipahami :)
    http://imaduddinaplus.blogspot.com/2014/02/tujuan-hidupmu-bukan-manusia.html

    ReplyDelete
  2. iya maaf mas semalem gasempet nyari referensi. dikejar deadline. saya kira DL nya kemarin hoho. makasih mas udah di koreksi hehe

    ReplyDelete