Hijrah #5: Every Ending is Always a New Beginning [1/4]

by - March 26, 2018

Hijrah #5: Every Ending is Always a New Beginning [1/5]


Tak perlu bersedih kawan,

Untuk setiap akhir selalu ada awal yang baru~

Akhir-akhir setelah selesai berbagai kewajiban akademik dan targetan, baru bisa menyelesaikan tulisan ini. Kebiasaan buruk yakni menunda-nunda nulis he he he.
Nampaknya judul ini dapat menggambarkan seutuhnya perjalanan panjang dari bulan Agustus hingga Maret.

It's gonna be a long story, lets start with my thesis

Bagian 1: Mengenai Kelulusan...

[1] Skripsi memang membutuhkan pengorbanan,
Lantas apakah layak ibadahmu dikorbankan untuknya?

[2] Pada akhirnya kita akan sadar, Skripsi hanyalah bagian kecil dari hidup kita

[3] Apakah sudah siap untuk mempertanggungjawabkan gelar akademikmu kelak setelah lulus?

Lets start on how i do my thesis,

To be noted, tulisan ini tidak bertujuan untuk merendahkan, mengkritik, atau mencemooh siapapun namun bertujuan memberikan gambaran terhadap what i've been through dan what i've learnt. 

Big thanks to my Supervisor Pak Dr. Alexander Agung dan Co-Supervisor Pak Dr. Andang Widi Harto, 
Pak Ir. Haryono Budi Santosa, M.Sc. dan Pak Ir. Agus Arif, M.T. selaku Penguji 1 dan Penguji 2 saat pendadaran, 
Mas Dedy yang sangat bersabar diteror terus sama juniornya,
dan berbagai pihak yang sudah disebutkan dalam kata pengantar :)

Lets begin. Basically, i plan to continue my senior thesis. While he used some kind of a code, I plan to benchmark the result using another code. At least this is the plan. After digging for awhile, I found out that I need to re-run the previous data.

Dari sini saya sadar, setidaknya sebagai tanggung jawab seorang 'anak teknik'

Terkadang kita mengeluh,
'masa karena salah satuan aja salah semua'
'masa karena salah asumsi aja salah semua'
'masa tinggal ngubah satuan ke satuan yang diminta juga tetap salah semua'

I mean, meskipun dulu i felt like, its 'o-kay', tapi setelah sampai pada tahapan skripsi, I knew that this is really important. This is one of the reasons why engineering lecturers always remind us on how to not make a mistake(s), even a tiny mistake. I would say, I'd do the same if I were them.

Seperti yang telah disampaikan, kesalahan pada studi sebelumnya dapat dikatakan 'tidaklah besar', hanya kesalahan pada pendefinisian komposisi material. Dengan menggunakan metode itu, seharusnya, yang dimasukkan adalah fraksi massa, bukan fraksi atom. Dengan memasukkan fraksi atom, tentu akan menghasilkan hasil yang sangat-sangat-sangat berbeda. Begitu juga sebaliknya.

Bukankah cukup berbahaya jika suatu saat kelak kita memegang posisi yang cukup strategis dan melakukan kesalahan?
Even a single tiny mistake could lead into a catastrophic accident.
So yes, stop whining about it and try your best to not make a mistake.

Setelah mengetahui ini dan mengkonfirmasinya, akhirnya perlu merubah rencana dan melakukan re-run terhadap data-data yang ada sebelumnya. It means I need to at least have a basic understanding on the new code. I'm totally fine with it, i mean, its kinda great to learn a new code.

Untuk mengejar deadline pra-pendadaran yang kira-kira bulan September, maka saya tentu harus menyelesaikan semuanya sekitar bulan Agustus akhir. Sejujurnya, data yang perlu diambil juga tidaklah sedikit, kira-kira ratusan titik, anggaplah 1 titik kira-kira membutuhkan waktu sekitar 1 jam an.

At the end, I spent, like almost, all of my nights staying at Platinum. Dari sinilah kehidupan berubah...

bagi yang penasaran, tuh rasanya liat sunrise di Platinum

one of those nights, sometimes i just spent to read this book and wrote nothing
Pada dasarnya, siklus kehidupan di 2-3 bulan terakhir menjelang deadline pra-pendadaran adalah sebagai berikut,

0600-1100 tidur
1100-1200 mengumpulkan nyawa
1200-1500 nulis skripsi
1500-1600 jika ada masalah, bimbingan
1600-1730 jika ga bimbingan, renang
1730-1900 jika ga ada urusan organisasi, istirahat
1900-0530 simulasi sambil nulis

Ngerjain skripsi itu semangatnya kaya grafik sinus atau cosinus loh, jadi harus segera diselesaikan. Ada up and down nya, ada ketika semangat-semangatnya ada ketika males-malesnya. For me, I do always have escape plans.

one of my escape plans, main ke bukit (lupa namanya apa) di daerah Parangtritis
gatau juga ada angin apa tau tau berangkat ke sini, dasar jomblo-jomblo wkwk

And yeah, some tips for you who is currently working on thesis, let say, for newbies like me

nb: these tips are mostly based on my mistakes, lol.
  1. Setelah ngumpulin DTA, jangan ilang-ilangan, langsung digarap. Jangan keseling liburan apalagi KP he he he,
  2. Setiap Dosen Pembimbing punya kesibukan dan prioritasnya masing-masing, jangan hanya mau dimengerti sebagai mahasiswa bimbingannya, tapi cobalah mengerti beliau-beliau sebagai Dosen Pembimbing,
  3. Kalo ngechat Dosen yang jelas. Harus bisa ngebedain itu penyataan (statement) atau pertanyaan (question) yang kalian sampaikan. Gunakan tanda tanya '?' untuk pertanyaan dan titik '.' untuk sebuah pernyataan. Jangan dibalik, nanti bikin bingung
  4. Kalo janjian sama dosbing jangan mendadak, kamu pikir kamu siapa? :(
  5. Diusahakan bimbingan rutin sekitar 1 atau 2 minggu sekali.
  6. Sebelum bimbingan, coba dipersiapkan apa yang mau didiskusikan, ditanyakan, atau disampaikan. Jika ada yang mau ditanyakan, coba pelajari sebisa mungkin kasus-kasus yg sama dari paper-paper sebelumnya. Jadi ga kosongan bimbingannya
  7. Pahami apa sih latar belakang penelitianmu, rumusan masalah, dan tujuan penelitiannya (non-negotiable).
  8. Pastikan metodologi penelitianmu benar, hey, this is also non-negotiable.
  9. Tiap orang punya caranya masing-masing dalam menulis. Kalo saya dulu nulis yang beneran nulis skripsi itu pas malamnya. Siang hingga sore itu biasanya ngecek tulisan hasil malamnya khawatir ada yg ngaco atau ga nyambung atau ga sesuai kaidah KBBI.
  10. Install Bahasa Indonesia di Word mu, jadi kalo ada yg ga sesuai KBBI atau typo bakal langsung ketauan. Setelah ketauan bisa langsung di cek ulang dengan software KBBI (ada di Play Store atau di website)
  11. Tiap selesai nulis, diganti nama filenya diganti ke sesuai tanggal hari itu (contoh: draft skripsi - 2 Januari) dan di upload ke cloud drive (bisa gdrive, onedrive, dropbox, etc).
  12. Pause windows update mu, percayalah, apalagi buat anak-anak yang simulasi dan menggunakan Dual Boot (Windows & Linux)
  13. Oh ya, skripsi itu penelitian lho, jangan gunakan bahasa yang aneh-aneh. Harus formal, jangan pake kata-kata ga formal apalagi 'membersamai' hahahaha :p
  14. Alto those routines may consume your life, please spare at least about 1 hr per day untuk ibadah selain ibadah wajib. Jadi untuk ngaji kah, ikut kajian kah, silaturahim kah, kumpul kah, atau apapun itu.
  15. Please do note that setiap skripsi itu memiliki kesulitannya masing-masing. Ga usah ngiri dan ngebanding-bandingin sama skripsi teman-temanmu.
  16. Terakhir, buat yg ngerjain skripsi simulasi apalagi sampai 10 jam lebih dengan suhu mencapai 90C ++, saran saya satu, mulai nabung buat beli batre baru. Pengalaman saya sih sekitar 3-5 bulan setelah selesai skripsi batrenya akan drop banget (ga bisa nyala kalo ga dicolokin) :(

Persiapan pendadaran...

Pada dasarnya, asli, deg-deg an banget. Yang harus disiapkan pertama tentu adalah presentasinya. Dengan memiliki waktu hanya sekitar 15-20 menit untuk menyampaikan, maka hal yang harus dipersiapkan adalah presentasinya (medianya pakai apa? PPT kah, Prezi kah?) dan penyampaiannya.

Bagi skripsi saya sendiri, akhirnya saya memilih untuk menggunakan Prezi (tidak promosi ya). Prezi saya pilih karena sebagian besar hasil penelitian saya berupa grafik contour dengan jumlah total grafik sekitar 20 grafik lebih. Kalo menggunakan PPT, bisa aja sebenernya, tapi buatnya ribet. Akhirnya memilih menggunakan Prezi karena akan dengan lebih mudah buatnya dan lebih baik dalam penampilannya. Bagi yang menggunakan Prezi, sebagai masukan, jangan gunakan Prezi plus, pakai Prezi yg old aja. Kalo pake yg plus, nanti ga bisa di download he he he.

media presentasi pada Prezi yang digunakan untuk pendadaran

Terkait latihan presentasi, coba latihan presentasi menggunakan media yang telah dibuat kemudian diwaktu dan direkam pake hp. Coba ulangi rekaman itu, pahami apa yang kurang atau apa yang terlewatkan. Bagi yang gugup, bisa aja buat semacam cue card. Cue card ini berisikan hal-hal yang harus dibahas berupa poin-poinnya aja sehingga tidak ada yang terlewatkan.

Kedua, persiapkan pakaian dan segala macam yang akan digunakan saat sidang nanti. Dari pakaian, celana, dasi, jas (jika pake), sepatu formal, dstnya. Kalo bisa udah disiapkan H-1 rapih digantung di lemari. Jadi hari H tinggal pake aja, ga ribet nyari ke mana-mana.

Ketiga, makan permen mint atau minum coklat panas untuk menenangkan pikiran.

Keempat, tuntaskan kegiatan 'rutin pagimu' atau tidak perlu sarapan sama sekali. Intinya jangan sampai mengganggu pelaksanaan sidang.

Kelima, datanglah lebih awal di ruangan sidang, let say 15-20 menit lebih awal. Pastikan laptop, proyektor, dan segala macam halnya tidak masalah.

Keenam, berdoalah sesuai panduan agama masing-masing. Bagi yang Islam, bisa banget pake doa ini,

Doa Nabi Musa SAW ketika akan berhadapan dengan Fir'aun, penggalan QS Tahaa ayat 25-28
Last but not least, ketika sidang, ketika kalian gugup, tarik nafas dalam-dalam dan buang secara perlahan sambil mengatakan dalam hati,

Its gonna be okay. This is just a summary of what you've done in the last few months.

Pasca Pendadaran...

Finally I made it! Let say, unofficially S.T. in September 22nd.
Setelah pendadaran dan lulus, hiburlah dirimu sendiri. 3/4 lebih perjalanan skripsimu sudah usai.
Take a day to break and relax yourself, for real. After my thesis defense, i do played DoTA after like 5 months didnt play it.

After the break, fokus kembali ke yang seharusnya dilakukan. Dari sini mulai nyicil berkas buat Yudisium (ini bisa dikerjakan 1 hari selesai). Sisanya kejar revisi. Silahkan didiskusikan dengan Dosen Pembimbing dan Penguji. Soalnya tiap komposisi Dosen Pembimbing dan Penguji memiliki kecenderungan yang berbeda mengenai proses Revisi. Ada yang minta diselesaikan revisi di penguji dulu baru ke pembimbing, ada yang ke pembimbing baru ke penguji, atau kombinasi keduanya.

file Excel yang digunakan dari awal kuliah untuk memperkirakan matkul mana yang perlu diulang

Di tahapan ini juga mulai menghitung dan menentukan mana mata kuliah yang dicoret beneran dicoret atau dicoret tapi tetap ditampilkan di transkrip. Paling mudah buatlah Excel dan perkirakan IPK mu. Jadi bisa buat semacam simulasi mata kuliah mana yg perlu digeser biar IPK naik :p

Setelah urusan itu semua selesai, you choose your own path.
Ada yang langsung nyebar lamaran menggunakan SKL dari Yudisium,
Ada yang langsung mempersiapkan diri untuk studi lanjut,
Ada juga yang langsung membuat usaha sendiri.

Dari selesai masukin berkas buat Yudisium hingga Wisuda biasanya udah kosong.
You may start your own path and conquer the world :)

Somekind of perks in Part 1

degan sebagian Nakula 7 :'3

NuCeng 2013 :3

sama-sama penghuni lab TPRN, sama-sama asisten project yang sama-sama galau kekejar lulus November apa ga yang sama-sama sidangnya Jumat pagi :3
partner nugas kelompok yang jarang banget kumpul karena hampir sebagian besar dikerjakan via gdocs yang nanti suka panik bareng ketika deadline udah deket tapi belum selesai wkwk :p
abis ngambil toga, dimarahin sama bapak-bapaknya yg jaga meja toga, dan 'dipaksa' ngambil toga yang gede banget-banget-banget :p

***
Dan mimpi adalah sebuah pemikiran dari hati,
Bermimpilah untuk kebaikan.
Kebaikan untuk memberi yang kita punya,
Kebaikan untuk memberi yang kita miliki.

Dan kita berbeda,
Bukan pula peran yang sama,
Dan kita tercipta untuk bersama.

Dan kita berdiri, untuk saling melengkapi.
Mewarnai dunia ini, yang penuh mimpi kita bersama
~ 'Kita Bersama', Dwi Wahyu Arun Darmawan


26 Maret 2018, Yogyakarta
\setelah berbagai amanah dan goal selesai,
akhirnya tulisan ini bisa diselesaikan.

You May Also Like

0 comments